Wisata Religi Di Islamic Center NTB


Islamic Center Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Di dalam Islamic Center ini terdapat Masjid Raya Hubbul Wathan dan empat menara, diantaranya menara Asmaul Husna dengan ketinggian 99 meter. 

Selain jamaah, setiap harinya sekitar 200 wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara yang berlibur di Lombok datang melakukan Shalat lima waktu. Wisatawan bisa naik ke puncak menara menggunakan lift. Untuk pengunjung lokal dikenakan ongkos Rp 5.000 ribu dan turis mancanegara Rp 10.000 ribu atau kurang dari satu dollar Amarika Serikat

Tidak hanya wisatawan muslim yang boleh mendatangi Masjid Raya Hubbul Wathan di lantai dua. Non muslim dibolehkan masuk tapi diwajibkan menggenakan pakaian menutup aurat semacam jubah atau jas hujan. Nantinya di lantai tiga akan disiapkan tourism zone (ruang area wisata), yang di lengkapi berbagai informasi, dan juga sudah disiapkan lift khusus. 

Kompleks Ismalic Center NTB yang mulai dibuka untuk umum pada 16 Desember 2016 juga menampilkan foto-foto Masjid dari berbagai desa di Lombok, yang dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid ini.

Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat membangun Islamic Center diatas lahan seluas 74.749 meter persegi atau 7.47 hektare. Dibangunan Masjid disediakan catwalk yang bisa didatangi non muslim untuk melihat-lihat. Selain ada Masjid, di area ini juga konpleks pendidikan dan pusat pengkajian Islam yang menempati lokasi Masjid Raya Attaqwa.

Desain Islamic Center ini adalah karya dari pemenang lomba sebelum pembangunan. Sebuah menara Masjid setinggi 99 meter dibangun dengan biaya Rp 32.718 miliar dari dana pembangunan masyarakat PT Newmont Nusa Tenggara. Menara itu diresmikan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi pada 2013. Peresmian menara itu mendahului bangunan lain di konpleks Islamic Center yang mulai di bangun pada 2010.

Menara ini bisa dipakai untuk melilhat sekeliling Kota Mataram. Ukuran bagian bawahnya 16.5 * 16.5 meter yang memiliki empat jenjang View Deck. Yang pertama di ketinggian 26,55 meter persegi, kedua 47,60 meter, ketiga 65,1 meter, keempat 93,10 meter, dan kelima di lantai puncak 99 meter. Ketinggian disamakan dengan Asmaul Husna atau Jumlah Nama Baik Allah.

Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB

Untuk ke atas, bisa menggunakan tangga atau lift. Atap puncak bangunan diketinggian 114 meter yang sesuai dengan jumlah surat dalam Al-Quran di tambah Mekara (penangkal petir) menjadi 126,25 meter.

Selain di bangun menara setinggi 99 meter itu, dibangun empat menara yang tingginya 66 meter. Keempat menara ini berada disisi ujung bangunan utama Masjid.

Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan berkunjung jemaah dan wisatawan, Perhimpunan Hotal dan Restoran Indonesia NTB melakukan gerakan bersih Destinasi Wisata, Senin 5 Maret 2018. Dimulai oleh Sekretaris Daerah NTB Rosiady Sayuti, ketua PHRI NTB Lalu Abdul Hadi Faishal, dibantu tim Karcher Indonesia mengerahkan peralatan pembersih karpet dan lantai pelataran, juga tempat wudhu.

Jika Anda ingin berkunjung ke Wisasta Religi Di Islamic Center NTB ini Anda juga bisa menggunakan Sewa Mobil dan Sewa Motor untuk mengunjungi Masjid Hubbul Wathan ini

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat Wisasta Religi Di Islamic Center NTB Anda bisa menggunakan jasa Paket Tours Lombok karena bisa mempermudah Anda saat berlibur di Lombok, dan mengunjungi objek wisata dengan mudah.

Komentar