5 Makanan Khas Lombok yang Wajib di Coba saat anda berkunjung ke Pulau Lombok

 Pulau Lombok Merupakan Pulau dengan Berbagai daya tarik wisata yang membuat banyak wisatawan baik domestik Maupun Mancanegara Ingin Berkunjung untuk menikmati keindahan alam serta budayanya, Namun Taukah anda bahwa Selain Keindahan Alamnya Lombok Juga di kenal dengan keankaragaman Kuliner Khasnya yang membuat Lidah setiap pengunjung yang mencicipinya susah untuk Melupakan Rasa dari makanan tersebut, Berikut merupakan Beberapa Jenis makanan yang mungkin sudah sering anda dengar atau bahkan ada di daftar catatan menu makanan yang ingin anda nikmati saat anda berkunjung ke pulau lombok.

1. PLECING KANGKUNG



 Dari Namanya anda sudah pasti Tau Bahwa Bahan utama yang di gunakan untuk membuat makanan ini adalah sayur kangkung. makanan ini merupakan rebusan dari Sayur kangkung, kecambah dengan taburan parutan kelapa sangrai dan Sambal Tomat mentah yang sudah di campur dengan terasi dan bumbu rempah, biasanya akan di sajikan bersama kacang sambal. Makanan ini sangat mudah di temukan di Lombok. Mulai dari kaki lima hingga hotel bintang 5 banyak mejediakan makanan khas ini. Harganya juga sangat murah. Tapi hati2 bagi anda yang kurang menyukai makanan yang Pedas.Karena Rata - rata Makanan di Lombok di buat dengan rasa yang sangat Pedas.

2. SUP BEBALUNG

 Makanan Yang Cukup Istimewa ini adalah SUP Bebalung. Bahan Utamanya adalah Tulang Sapi atau Kerbau dengan sedikit campuran daging dengan bumbu rempah2 dan daun asam muda yang membuat rasa Bebalung ini sangat segar dan mengundang selera makan. Rasa Gurih bercampur asam dari kuah dan lembutnya daging yang menempel pada Bongkahan tulang menjadikanya sensasi tersendiri saat menikmati Makanan ini. Di jamin membuat anda susah untuk berhenti makan sebelum makanan habis.

3. SATE BULAYAK




 Bahan dari Sate Bulayak sama seperti Sate Pada umumnya Yaitu daging Ayam , Daging sapi, Daging Jeroan , dan Babad. namun Bumbu sate Bulayak ini sedikit berbeda dari biasanya dimana Bumbu sate terbuat dari santan dan kemiri dengan rempah2 yang di rebus hingga mengental. Rasa sate ini sangat gurih dan nikmat dengan perpaduan rasa manis ,dan pedas yang pecah di mulut membuat kita enggan untuk berhenti menikmatinya, satu hal yang unik di sini adalah Bulayak, Bulayak merupakan nama Lontong beras yang di bungkus daun aren dan di ikat dengan menggunakan tali bambu. makanan ini sangat banyak di temui di lapangan atau di pinggir jalan di daerah Mataram atau Suranadi Lombok.

4. SATE REMBIGA




Primadona Sate di Lombok adalah SATE REMBIGE di mana rembige adalah nama daerah di Lombok tempas pertama sate ini di buat. Sate rembige terbuat dari daging sapi yang di rendam dengan bumbu dan rempah2 sebelum sate ini di bakar, sehingga bumbu dapat meresap ke dalam daging sebelum di bakar. hal ini membuat daging dan bumbu berpadu saat kita memakannya. Dominan rasa manis , gurih dan Pedas bercampur menjadi satu. Sate rembige Banyak di Jual di daerah Rembiga. Sate ini cocok untuk di jadikan oleh2 karena dapat bertahan hingga 1 minggu jika di simpan di dalam kulkas atau lemari pendingin.

5. AYAM TALIWANG



Kalo yang satu ini sudah Pasti dan wajib ada di daftar Menu Unggulan anda saat anda mengunjungi pulau Lombok. Ayam Taliwang adalah makan asli atau Khas Lombok yang sangat terkenal bahkan Jika anda berlibur menggunakan jasa Travel agen makan ayam taliwang merupakan menu yang akan selalu muncul. ada 2 varian ayam Taliwang yaitu Goreng dan Bakar. Ayam taliwang dahulu Hanya dapat di jumpai di daerah desa Karang Taliwang namun seiring berjalanya waktu banyak pedagang yang menjual masakan ini. Mulai kedai kaki lima hingga rumah makan serta restouran pun seakan menjadikan makanan ini sebagai Menu wajib mereka. Bahan ayam taliwang sendiri adalah ayam Muda dan biasanya di pilih yang jantan. yang di goreng setengah matang sebelum di bakar. rasa daging ayamnya sangat lembut dan gurih. biasanya di sajikan dengan beberapa pilihan sambel khas lombok yang membuat rasa ayam taliwang semakin susah untuk di Lupakan. jadi saat anda Berkunjung ke pulau Lombok jangan Lupa ya cobain ayam taliwang.

Sebenarnya Masih banyak Makanan Khas Lombok yang wajib anda coba saat berkunjung ke pulau lombok, Namun karena keterbatasan materi dan foto serta waktu buat nyicipin rasanya, karna kurang afdol apabila merekomendasikan tapi belum mencoba hehe maka TS akan membahas makanan khas yang lain di postingan selanjutnya ya guys...

Informasi 4 Tempat sewa mobil Lepas Kunci di Lombok
Tips dan Trik Berkunjung ke pulau Lombok

Komentar