Keindahan Wisata | Bukit Sembalun Lombok Yang Eksotis



Wisata Di Sembalun Lombok - Pulau Lombok merupakan salah satu Pulau di Indonesia yang banyak memiliki keindahan alam yang mempesona, sehingga sekarang ini menjadi salah satu tempat alternatif wisata populer di Indonesia.

Berbagai jenis objek wisata di Pulau Lombok akan membuat para wisatawan takjub karena di manjakan dengan berbagai keunikan, keindahan alam yang sangat asri mempesona dan eksotis. Hal inilah yang menjadikan Pulau Lombok banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun wisatawan asing.

Jika Anda ingin berkunjung ke Lombok maka tidak lengkap jika belum mengunjungi dan menikmati Wisata Di Sembalun Lombok. Tempat wisata yang terletak di sebuah kecamatan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini memang banyak memperlihatkan pesona alamnya. 

Bukit Selong Sembalu merupakan salah satu tempat wisata terbaik dan terpavorit di Pulau Lombok atau yang sering di sebut dengan Pulau Seribu Masjid. Keindahan alam yang di suguhkan di perbukitan Pulau Lombok sangatlah memukau. Bukit Selong ini juga menyedialan pemandangan alam yang di jamin akan membuat wisatawan takjub akan keindahan alamnya. Berbagai wisatawan telah datang mengunjungi Bukit Selong ini, baik wisatawan maupun wisatawan mancanegara.

Melalui puncak bukit ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang di selimuti oleh perbukitan dan pegunungan. Bak surga tersembunyi, sinar mentari yang muncul dari puncak gunung menyinari area persawahan yang nampak berpetak-petak  

Wisata Bukit Selong Sembalun
Pemandangan yang sangat indah dan mempesona menjadikan kawasan Bukit Selong menjadi favorit para traveller. Di atas bukit ini, wisatawan bisa menikmati sinar mentari hangat yang muncul dari pegunungan. Selain itu, sinar hangat mentari tersebut menyinari hamparan sawah yang berpetak-petak, sehingga mampu memberikan kesan yang sangat indah dan menawan. Kawasan Bukit Selong juga kerap di jadikan area untuk melakukan camping. Banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara yang menetap selama beberapa hari untuk bisa menikmati keindahan alam dari atas Bukit Selong ini.

Pengembangan Bukit Selong Sebagai Destinasi Wisata Terbaik

Sebelum berkembang menjadi sseperti saat ini, bukit selong belum banyak di kunjungi oleh wisatawan. Umumnya, wisatawan yang datang ke Lombok hanya mengenal keindahan Gunung Rinjani, Pusuk, serta berbagai kawasan yang telah terkenal di kalangan wisatawan. Kemudian seiring dengan pengelolaan dan kemajuan sektor wisata Lombok, Perbukitan di Sembalun ini di kelola oleh masyarakat sekitar, termasuk Bukit Selong. 

Sebenarnya Bukit Selong ini berada pada kaki bukit Anak Dara dengan ketinggiannya yang mencapai 2000 mdpl. Akhirnya saat ini, bukit selong pun menjadi salah satu bukit yang sangat terkenal dan banyak di kunjungi oleh wisatawan domestik hingga mancanegara. 

Wisata Bukit Selong Sembalun
Selain pemandangan alamnya yang begitu indah, deretan rumah adat Desa Beleq (Desa Sembalun Lawang) yang berbaris rapi dengan atap daun menjadi perhatian yang sangat menarik di bukit selong ini. Rumah adat ini merupakan hasil kreatifitas masyarakat Desa Sembalun yang begitu unik. Model pemukiman masyarakat di Desa Sembalun yang di pandang dari atas bukit Selong juga menjadi daya tarik yang luar biasa. Terlebih lagi ketika menghadap ke Gunung Rinjani, pemandangan yang ada seolah - olah wisatawan dapat merangkul gunung yang menjulang tinggi tersebut.

Lokasi Dan Rute Bukit Selong Lombok

Bukit Selong ini terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Untuk menuju bukit yang satu ini, dari Kota Mataram anda harus menempuh perjalanan selama sekitar 2 - 3 jam. 

Di tempat wisata yang satu ini, wisatawan akan di suguhkan dengan 2 destinasi wisata yang akan memanjakan mata. Sebab, selain keindahan alam perbukitan, juga ada rumah adat khas masyarakat sekitar, sehingga wisatawan bisa langsung ke rumah adat tersebut. Selain itu, ketika perjalanan menuju Bukit Selong, wisatawan juga akan di sajikan dengan pemandangan berupa hutan belantara dan hutan bambu yang masih sangat lebat dan hijau.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Selong Lombok 

Untuk harga tiker masuk ke Bukit Selong sudah satu paket dengan tiket dengan rumah adat di kawasan Bukit Selong. Harga tiket masuknya adalah Rp. 3.000 untuk setiap wisatawan domestik dan Rp. 15.000 untuk tiap wisatawan mancanegara perorangan. Selain itu, wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Dengan biaya yang sangat terjangkau ini, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam dan keunikan rumah adat di kawasan Wisata Bukit Selong Pulau Lombok.

Fasilitas Di Wisata Bukit Selong Lombok 

Berbagai fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Bukit Selong ini, diantaranya sudah terdapat toilet umum, warung makan, warung kopi, area camping, area parkir yang luas dan spot foto yang tentunya isntagrammabel. Deretan tempat duduk di atas Bukit Selong juga menjadi salah satu fasilitas yang di sediakan bagi para wisatawan agar bisa lebih nyaman dalam menikmati pemandangan alam.

Wisata Bukit Selong Sembalun
Bukit Selong merupakan salah satu dari indahnya deretan bukit yang ada di Pulau Lombok. Alamnya yang sangat unik dan mempesona menjadi daya tarik yang sangat luar biasa kepada wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Selong. Bagi Anda yang ingin mencari tempat wisata untuk bersantai dan menyatu dengan alam, serta menghabiskan waktu dengan mendirikan tenda untuk camping. Bukit selong menjadi tempat yang sangat pas untuk Anda. Bersama dengan keluarga tercinta, atau bersama dengan rombongan teman Anda, liburan di Bukit Selong akan terasa lebih syahdu dan menyenangkan. 

Wisata Di Sembalun Lombok Dan Sekitarnya Yang Wajib Di Kunjungi

1. Bukit Sembalun Lombok 
Wisata Bukit Selong Sembalun
Objek wisata Bukit Selong berada di Pusuk Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Wisata ini tepat berada di kaku Gunung Rinjani, oleh karena itu bukit ini banyak menawarkan keindahan panorama alam yang alami dan eksotis.

Dari atas bukit, Anda dapat mellihat bentangan petak - petak sawah dengan warna yang berbeda - beda dan bisa melihat secara langsung Gunung Rinjani yang menajubkan. 

2. Desa Adat Beleq 

Wisata Desa Adat Beleq Sembalun
Di Lombok tidak hanya terdapat objek wisata alam, namun juda ada wisata budaya seperti yang ada di Desa Adat Beleq. Desa ini harus Anda kunjungi jika pergi ke Sembalun, karena tidak lengkap jika tidak bersinggah di Desa Beleq dimana desa tersebut terdapat rumah adat Sembalun. dan saat ini masih tetap di rawat dan di jaga.

3. Taman Wisata Pusuk 

Taman Wisata Pusuk
Objek Wisata Pusuk Sembalun merupakan tempat yang sedang ramai di kunjungi saat ini, karena banyak menyuguhkan keindahan alam sehingga kini menjadi spot selfi yang lagi hits di kalangan masyarakat. Lokasinya pun berada di ketinggian 1.250 mdpl menjadikan tempat ini sejuk dan dingin, serta Anda dapat di manjakan dengan view dari gunung Rinjani dan juga deretan Bukit Pergasingan.

4. Kebun Strawberry 

Wisata Kebun Strawberry
Objek Wisata di Sembalun ini wajib anda kunjungi, karena anda disini bisa melihat secara jelas kebun Strawberry. Selain itu anda juga bisa merasakan sensasi memetik sendiri langsung buah strawberry nya disini.

Jangan lupa untuk abadikan setiap momen liburan Anda di sini, sebagai kenangan liburan yang tak terlupakan dan paling berkesan bagi Anda.

Jika Anda ingin berkunjung ke Wisata Bukit Sembalun yang ada di Lombok ini Anda juga bisa menggunakan Sewa Mobil Lombok dan Sewa Motor Lombok untuk mengunjungi Wisata Bukit Sembalun ini.

Komentar