Kerajinan Gerabah Desa Banyumulek


Banyumulek adalah desa yang berada di kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Batar, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Banyumulek merupakan sentra industri gerabah di seantero Pulau Lombok sejak tahun 1990 an, dimana 80% penduduk berkencimpung dalam pekerjaan tersebut.

Ketika mengunjungi Desa Banyumulek, Anda akan di sambut dengan gapura hijau yang bertuliskan "Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek". Uniknya, ketika melangkah masuk ke area desa, Anda akan menemui sekolah serta kantor - kantor pemerintah yang di hiasi gerabah - gerabah besar pada pagar temboknya. Sehingga kesan Desa Gerabah akan sangat kental terasa. Sekaligus menegaskan bahwa Desa Banyumulek ini adalah sentra Kerajinan Gerabah.

Wisata Desa Banyumulek

Desa Banyumulek perlahan - lahan mulai di kenal kalangan para wisatawan dalam dan luar negri sebagai penghasil Gerabah di Pulau Lombok. Kini, berwisata ke Lombok tanpa menenteng oleh - oleh khas Lombok seperti yang di hasilkan perajin Desa Banyumulek ini jelas terasa hampa. Dalam paket tour yang di tawarkan para biro perjalanan di Lombok, Desa Banyumulek merupakan salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi wisatawan. Apa sih kelebihan Desa Banyumulek? Desa ini di kenal sebagai tempat perajin Gerabah pembuat karyanya. Tahun 70 sampai 80 an warga Desa Banyumulek hanya memperoduksi gerabah seperti tempayan, dan gentong untuk menyeimpan beras semata - semata demi keperluan sendiri.

Tahun 90 an di bantu Pemerintahan Selandia Baru, para perajin gerabah di Banyumulek mulai mengenal teknik membuat gerabah secara modern dan mulai mengikuti selera pasar. Kini produk hasil perajin Desa Banyumulek sudah merambah keluar Lombok dan mancanegara. Hasil karya gerabah pun bervariasi, tak sebatas gentong semata. Produk di poles dengan apik sesuai keinginan konsumen. Teknik pembakaran di perbaiki sehingga produk gerabah Banyumulek semakin di buru pembeli untuk memperindah halaman tempat tinggal, isi rumah, hotel dan sebagainya.

Menuju Desa Banyumulek sangat mudah. Hanya berjarak 14 Kilometer dari Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kalau Anda menginap di kawasan Senggigi, untuk mencapai Desa Banyumulek memerlukan waktu sekitar 40 menit dengan kendaraan.

Wisata Desa Banyumulek
Di Desa Banyumulek Lombok, membuat gerabah merupakan sebuah kemampuan yang di turunkan dari generasi ke generasi. Keahlian tersebut akhirnya mampu mengangkat perekonomian desa, bahkan menarik pengunjung untuk menyaksikan dan berbelanja gerabah di desa ini.

Di sepanjang jalan desa, Anda akan menemui banyak galeri dan toko di kedua sisi jalan. Pastikan anda tidak kebingungan akan mengunjungi galeri yang mana, karena banyaknya galeri yang berdiri di Desa ini. Namun di antara geleri - geleri tersebut Anda akan menemukan sebuah galeri yang cukup besar. Di galeri besar tersebut Anda bisa menemui bermacam gerabah dengan varian yang lebih lengkap. Mulai dari ukuran, bentuk, warna, motif hiasan, keunikan, sampai fungsi yang bervariatif. Gerabah - gerabah tersebut tentu saja merupakan hasil karya pengerajin gerabah Desa Banyumulek ini. Beberapa di antaranya berupa vas bunga pasir, gentong telur, berbagai bentuk celengan, cas gepeng, adik kakak ukir asem, kap lampu, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

Namun Anda bisa menemui sebuah produk kerajinan gerabah Desa Banyumulek yang khas, yaitu Kendhil Maling. Kendhil yang satu ini cukup unik, karena memikiki desain dan cerita yang berbeda dari kendhil - kendhil biasanya. Kendhil Maling memiliki lubang di bagian dasarnya. Lubang ini di pakai untuk memasukan air ke dalam Kendhil. Seperti cara aneh seorang maling, yang tidak memakai jalan biasa ( lewat atap atau lewat jendela, bukan lewat pintu ) ketika hendak masuk ke dalam sebuah rumah. Uniknya, desain yang khusus pada Kendhil Maling membuat air tidak keluar dari lubang tersebut saat Kendhil di letakan kembali.

Wisata Desa Banyumulek
Hasil kerajinan gerabah Desa Banyumulek teryata sudah merabah sampai ke pasar internasional. Minsalnya New Zeland dan beberapa negara di Eropa. Di desa ini, Anda bisa membawa pulang hasil seni tersebut dengan harga yang bervariatif. Terganntung dari bentuk, ukuran, motif hiasan, serta tingkat kesulitan saat proses pembuatanya.

Selain melihat hasil seni yang berwarna warni tersebut, Anda juga bisa belajar dan ikut serta dalam proses pembuatanya. Anda akan terkejut pada saat proses awal pembuatan gerabah. karena pengrajin tidak pernah menggunakan alat bantu ukur untuk menentukan diameter gerabah. Selain itu, alat - alat yang digunakan terbilang sederhana. Semuanya di lakukan dengan hati. Sehingga para pengerajin gerabah Desa Banyumulek ini mampu menghasilkan hasil seni yang berkualitas dan mengagumkan.

Keterampilan para pengrajin di Desa Banyumulek Lombok ini teryata di dukung oleh alam sekitarnya. Di sekitar desa, tanah liat dan air yang merupakan bahan baku, sangat mudah untuk di dapatkan. Begitupula dengan bahan pewarnanya. Para pengrajin tersebut biasanya menggunakan bahan pewarna alami, seperti biji asam yang di masak terlebih dahulu. Namun beberapa pengrajin juga mulai menggunakan bahan pewarna buatan yang bisa di peroleh dari desa tetangga.

Wisata Desa Banyumulek
Awalnya jenis gerabah atau keramik yang di hasilkan di gunakan untuk kebutuhan sehari - hari minsalnya gentong yang berfungsi tempat air, kendi yang berfungsi sebagai tempat minum, tong smapah yang berfungsi untuk tempat pembuangan sampah, dan lain - lain. Namun seiring jalan nya waktu serta berkembangan nya pariwisata di Pulau Lombok, terjadi pergeseran nilai yang lebih mengarah ke elemen dekorasi, dalam artian gerabah yang di hasilkan di gunakan untuk dekorasi, mindalnya penghias taman atau ruangan hotel, ataupun rumah. Menariknya lagi di wisata ini, kita bisa melihat secara langsung pembuatan gerabah ini. mulai dari permulaan pembuatan tanah liat di campur dengan air, kemudian menginjak meter yang sudah tercampur, kemudian adonan tersebut di bentuk dan membakarnya di atas jerami.

Jika Anda ingin mempelajari detail pembuatan gerabah tersebut, Anda bisa mendatangi beberapa pengrajin membuka kursus bagi para pengunjung yang ingin mengetahui secara detail pembuatan gerabah ini. Hampir seluruh tours operator menawarkan banyumulek sebagai daerah kunjungan ketika wisatawan berkunjung ke Lombok. Jadi tidak salah jika Desa Banyumulek merupakan destinasi pariwisata Pulau Lombok yang wajib untuk di kunjugni.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat Wisata Desa Banyumulek yang ada di Pulau Lombok ini, Anda juga bisa menggunakan Sewa Mobil Lombok dan Sewa Motor Lombok untuk mengunjungi di setiap wisata yang Anda mau kunjungi.

Dan jika Anda ingin berkunjung ke Lombok Anda bisa menggunakan Jasa Paket Tours Lombok karena bisa mempermudah Anda saat liburan di Lombok, dan mengunjungi objek wisata dengan mudah.

Komentar