Tips Aman Dan Nyaman Berkendara Mobil Di Era New Normal



Evan Trans Lombok - Kendati wabah virus Corona (Covid-19) belum hilang dari Indonesia, pemerintah mulai menerapkan kebijakan new normal alias tatanan normal baru. Bagi anda yang sudah mulai beraktivitas kembali dan mengandalkan mobil pribadi maupun Mobil Sewa di fase new normal ini, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini :

Langkah pertama bisa dimulai dengan memastikan kondisi mobil siap pakai, dengan servis bersekala setiap 6 bulan / 10.000 km, dengan datang ke bengkel resmi atau mobile servis ke rumah.

Selain itu, kebersihan mobil juga perlu di jaga, baik dari segi eksterior maupun interiornya. Dari sisi eksterior, biasakan mencuci seluruh bagian mobil juga termasuk under-carriage dengan memakai sabun.

Sementara untuk interior, area yang wajib dibersihkan meliputi streering wheel, tuas transmisi, switch lampu/wiper/AC. Selain itu, secara berkala melakukan desinfektan mobil, dan pembersihan AC mobil, serta memakai aksesoris kesehatan seperti air purifier.

Setelah memastikan mobil anda dalam keadaan prima dan sehat, sekarang giliran mempraktekan berkendara aman dan nyaman di periode new normal.
Lalu apa saja yang mesti di lakukan?

Pertama, melakukan persiapan sebelum berkendara, dengan menggunakan masker dan membawa hand sanitizer/tissue antiseptic. selanjutnya mengatur posisi duduk penumpang (physical distancing) dan tidak lebih dari 50% kapasitas mobil.

Selain itu, periksa dan kenali fungsi kendaraan termasuk posisi tempat duduk, spion, head rest dan dashboard. Saat harus berbagi tumpangan kepada orang lain, pastikan penumpang tersebut dalam kondisi sehat.

Berkendaralah dengan tenang, waspada dan antisisapi pada kondisi lingkungan sekitar. Jangan lupa siapkan beragam pecahan uang tunai dan bayar dengan uang pas. Semaksimal mungkin menggunakan uang elektronik dan pastikan saldo cukup. Lalu gunakan alat bantu/siku saat harus menyentuh fasilitas umum.

Setelah anda berkendara, pastikan menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, mengganti pakaian, dan langsung mandi ketika tiba dirumah sehabis bepergian dari luar.

Jagalah kesehatan tubuh dengan tidur cukup, makan-makanan bergizi, olahraga secara teratur, berjemur di pagi hari, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan batasi penularan dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga etika bersin dan batuk.



Komentar